Selasa, 24 November 2015

Tips Memilih Gitar Yang Baik

Di postingan kali ini, gue akan nge-share beberapa tips memilih gitar yang baik untuk Brother and Sister yang akan membeli gitar. Berikut tipsnya.
Pickup/Volume Control

1.       Pastikan budget Anda sesuai dengan harga gitar yang akan Anda beli. Untuk gitar akustik yang dilengkapi volume control  biasanya memiliki harga di atas Rp.1,000,000,-. Gitar yang memiliki volume control  dapat dihubungkan dengan amplifier untuk membantu mengeraskan suara yang dihasilkan oleh gitar tersebut.

Amplifier

2.       Selanjutnya jika Anda sudah menemukan gitar yang sudah cocok dengan budget yang Anda miliki, perhatikanlah seluruh bagian gitar tersebut apakah seluruh bagian bodinya terdapat cacat atau tidak.

3.       Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah neck atau leher gitar. Pastikan neck atau leher gitar sejajar dan lurus dari bagian bodi, neck dan juga kepala gitar.


4.       Kemudian jika beberapa tahapan di atas sudah Anda lakukan, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyetem gitar tersebut. Jika Anda memiliki kesulitan dalam menyetem gitar, mintalah pemilik took atau si penjual gitar untuk menyetemkannya untuk Anda. Jika sudah, mulailah untuk mencoba bagian fretboard gitar tersebut. Pastikan seluruh fretnya dapat berfungsi dengan baik dan menghasilkan nada-nada yang tepat dan tidak samar-samar dengan nada yang lain.
Tuner



5.       Selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah senar yang akan dipakai untuk gitar tersebut. Senar gitar sangat bervariasi, ada merek Elixir, D’Addario, Ernie Ball, Fender, Yamaha, dan lain-lain. Pada dasarnya untuk senar gitar itu dibagi menjadi dua jenis, nilon dan string (senar yang menggunakan kawat baja). Untuk senar nilon sendiri biasanya digunakan untuk pemain gitar klasik yang membutuhkan suara yang lebih lembut dan jernih. Sedangkan untuk gitar akustik pada umumnya sering menggunakan senar string.


6.       Hal terakhir untuk Anda perhatikan adalah jika Anda memiliki sedikit pengetahuan mengenai gitar yang akan Anda beli, ajaklah orang terdekat Anda atau teman yang mengerti betul tentang alat music dan gitar pada khususnya. Mintalah pendapatnya agar Anda tidak menyesal mengeluarkan uang untuk sebuah alat yang akan benar-benar Anda sukai.


Demikian beberapa tips memilih gitar yang baik. Semoga Anda dapat memilih gitar yang cocok untuk Anda. Salam WoW.Silahkan komen untuk saran dan masukannya

0 komentar:

Posting Komentar