Selasa, 24 November 2015

Musik Dan Emosi



Musik menurut dari banyak sumber, merupakan perpadian antara melodi, harmoni, dan irama yang enak didengar dan menjadi satu kesatuan.
Musik, selain enak didengar, juga memiliki fungsi emosional, yaitu memiliki kemampuan untuk membuat pendengar lagu untuk turut meresapi suasana yang dibawakan oleh musik tersebut. Contohnya, ketika pada suatu ruangan dimainkan musik lembut oleh seorang pianist, maka suasana ruangan tersebut akan berubah menjadi tenang serta orang orang yang berada di ruangan tersebut akan berbicara dengan suara yang lebih lembut. Sebaliknya, jika pada suatu ruangan ada sebuah band Metal sedang memainkan permainan lagu Metal yang keras, maka suasana di ruangan tersebut akan menjadi lebih liar serta orang orang akan berbicara dengan lebih keras.

Tidak hanya dapat membuat suasana pembicaraan berubah seiring dengan musik yang diperdengarkan, fungsi emosional musik pun dapat membuat seseorang cenderung lebih mudah menangis ataupun tertawa. Bahkan, musik yang lembut dapat menurunkan stress serta sakit kepala akibat pikiran yang banyak.

0 komentar:

Posting Komentar